Organisasi dan Arsitektur Komputer

organisasi dan arsitektur komputer

Organisasi Dan Arsitektur Komputer – Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Pengertian Arsitektur dan Organisasi Komputer

Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar  dan suatu sistem komputer. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari komponen-komponen  sistem komputer yang terhubung dengan perintah logis dari sebuah program.

Dalam hal ini, penerapan perencanaan dan masing-masing bagian akan Iebih  difokuskan pada bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenal cara pengaksesan data  dan alamat dan memori cache,RAM, ROM, dan CD.  

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagal ilmu dan  sekaligus seni mengenai cara menghubungkan komponen-komponen perangkat keras  untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,  dan target biayanya.

Arsitektur komputer mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang  terkait dengan pemprograman, dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah  program. Sebagai contohnya set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik  pengalamatan, dan mekanisme input/output (I/O). Arsitektur komputer paling tidak  mengandung 3 subkategori sebagai berikut :

  • Set instruksi (ISA)
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
organisasi dan arsitektur komputer

Organisasi Komputer

Organisasi komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen  pelaksanaan dan interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam  melaksanakan aspek arsitekturalnya. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari bagian yang  terkait dengan unit-unit pelaksaan computer dan hubungan antara komponen-komponen  sistem komputer.

Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,  teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Sementara itu, arsitektur komputer lebih  cenderung pada kajian komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan  seorang pemprogram. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu meimiliki perintah  pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.

Apakah instruksi  pengalamatan tersebut akan dilaksanaan secara langsung ataukah melalui langkah cache  adalah kajian organisasional

Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Arsitektur komputer cenderung berkaitan dengan komponen sistem komputer yang  terkait dengan pemprogram dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah  program. Arsitektur juga dapat didefinisikan dan dikategonikan sebagai ilmu yang  mempelajari cara interkoneksi dan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat  mencitakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.

Sementara itu organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit  operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer dan interkoneksi  yang merealisasikan penjelasan arsitektural.

Perbedaaan utamanya adalah sebagai berikut :

  • Organisasi komputer: bagian yang terkait erat dengan komponen-komponen  operasional.  Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem  memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
  • Arsitektur komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan  pemrograman.  Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan,  mekanisme I/O.

Arsitektur komputer merujuk pada atribut-atribut dari sistem tata terlihat atau,  dengan kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis dari  sebuah program. Arsitektur komputer merujuk pada unit operasional dan interkoneksi  mereka yang menyadari spesifikasi arsitektur. Contoh atribut arsitektur meliputi set  instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai tipe data (misalnya, angka,  karakter), I / O mekanisme, teknik untuk mengatasi memori. Atribut organisasi termasuk  detail-detail hardware transparan untuk programmer, seperti sinyal kontrol, interface  antara komputer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.

Sebagai contoh, ini adalah masalah desain arsitektur apakah komputer akan  memiliki instruksi multiply. Ini adalah masalah orgnizational apakah instruksi yang akan  dilaksanakan oleh unit kalikan khusus atau dengan mekanisme yang menggunakan  berulang unit add sistem. Keputusan organisasi dapat didasarkan pada frekuensi  diantisipasi penggunaan instruksi multiply, kecepatan relatif dari dua pendekatan, dan  biaya dan ukuran fisik unit multiply khusus.

Dalam kelas komputer yang disebut mikrokomputer, hubungan antara arsitektur  dan organisasi sangat dekat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi,  tetapi juga mengakibatkan pengenalan arsitektur yang lebih kuat dan lebih kompleks.  Secara umum, ada kurang dari kesesuaian requirementnfor generasi ke generasi untuk  mesin-mesin yang lebih kecil. Dengan demikian, ada lebih interaksi antara keputusan  desain organisasi dan arsitektur.  

Struktur dan Fungsi

Sebuah komputer adalah sebuah sistem yang kompleks; komputer kontemporer  mengandung jutaan komponen elektronik dasar. Kuncinya adalah untuk mengenali sifat  hirarkis sistem yang paling kompleks, termasuk komputer. Sebuah sistem hirarkis adalah  seperangkat subsistem yang saling terkait, masing-masing yang terakhir, pada gilirannya,  hirarki dalam struktur sampai kita telah mencapai beberapa tingkat terendah subsistem  SD.

Sifat hirarkis sistem yang kompleks sangat penting untuk kedua desain dan  deskripsi mereka. Perancang hanya perlu berurusan dengan tingkat tertentu dari sistem  pada suatu waktu. Pada setiap tingkat, sistem terdiri dari satu set komponen dan  hubungan timbal balik mereka. Perilaku di setiap tingkat hanya bergantung pada  disederhanakan, disarikan karakterisasi sistem pada tingkat yang lebih rendah berikutnya.  Pada setiap tingkat, desainer yang bersangkutan dengan struktur dan fungsi:

  • Struktur: cara di mana komponen yang saling terkait
  • Fungsi: operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

Dalam hal deskripsi, kita memiliki dua pilihan: mulai dari bawah dan membangun  untuk keterangan lengkap, atau dimulai dengan pandangan atas dan membusuk sistem ke subparts nya. Bukti dari sejumlah bidang menyarankan bahwa pendekatan topdown adalah jelas dan paling efektif.

Pendekatan yang dilakukan dalam buku ini mengikuti dari sudut pandang ini.  Sistem komputer akan dijelaskan dari atas ke bawah. Kita mulai dengan komponen utama  dari sebuah komputer, menggambarkan struktur dan functon mereka, dan melanjutkan ke  berturut-turut lapisan bawah hirarki. Sisa dari bagian ini memberikan gambaran yang  sangat singkat rencana serangan ini.

Fungsi

Kedua struktur dan fungsi Computerr sebuah, pada dasarnya, sederhana. Secara umum, hanya ada empat:

  • Pengolahan data
  • Penyimpanan data
  • Gerakan data
  • Kontrol

Struktur

Komputer berinteraksi dalam somer fashion dengan lingkungan eksternalnya.  Secara umum, semua hubungan terhadap lingkungan eksternal dapat diklasifikasikan  sebagai perangkat periferal atau jalur komunikasi. Kami akan memiliki sesuatu untuk  dikatakan tentang kedua jenis hubungan.

Ada empat komponen struktural utama:

  • Satuan pengolahan Tengah (CPU): Mengontrol operasi komputer dan melakukan fungsi pengolahan data; sering hanya disebut sebagai prosesor
  • Memori utama: Data Toko
  • I / O: Data bergerak antara komputer dan lingkungan eksternal
  • Sistem interkoneksi: Beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi antara CPU, memori utama, dan I / O

Mungkin ada satu atau lebih dari masing-masing komponen tersebut. Secara  tradisional, telah ada hanya satu CPU. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi  peningkatan penggunaan beberapa prosesor dalam satu komputer. Beberapa isu yang  berkaitan dengan desain prosesor ganda muncul dan dibahas sebagai hasil teks; Bagian  Kelima berfokus pada komputer tersebut.

Masing-masing komponen akan diperiksa secara rinci dalam Bagian Kedua.  Namun, untuk tujuan kita, yang paling menarik dan dalam beberapa hal komponen yang  paling kompleks adalah CPU. Its komponen struktural utama adalah sebagai berikut:

  • Unit Control: mengontrol operasi CPU
  • Aritmatika dan logika Unit (ALU): Melakukan fungsi pengolahan data komputer
  • Register: menyediakan penyimpanan internal ke CPU
  • CPU interkoneksi: beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi antara unit kontrol, ALU, dan register

Tinggalkan Komentar